Think Clearly !

Biar hati sudah panas, tapi kepala harus tetap dingin

Itulah kata-kata yang saya ingat dari seorang perwira angkatan laut di KRI Teluk Banten, hampir empat tahun yang lalu. Letkol Laut Toga Simatupang (saat itu pangkatnya masih Letkol) namanya. Saat itu ia sedang bercerita bagaimana kondisi para tentara kita saat berpatroli di Ambalat. Ia menjelaskan pentingnya mengedepankan logika daripada emosi belaka.

Dan, hari ini, sepertinya… eh, seharusnya saya menerapkan pesan-pesan beliau dahulu. Tapi agak dimodif sih:

Biar perut sudah lapar, tapi kepala harus tetap dingin

Itulah pelajaran yang dapat saya ambil hari ini.

Hari ini saya ke bank. Rencananya mau ngambil uang buat makan (maklum stok rupiah di dompet bener-bener abis) dan buat biaya penggantian ATM/KTM yang rusak. Tentunya uangnya saya ambil lewat teller di bank (kan kartu ATM/KTM-nya rusak). Sekalian saya ngambil formulir permohonan pembuatan KTM baru juga.

Nah,pas giliran saya ke teller…

Mba-mba pegawai bank: “Selamat siang, bisa dibantu?” (sapaan standar lah)

Saya
: “Iya mba, mau ngambil uang.”

Mba-mba pegawai bank: (sambil liat form permohonan KTM) “Oh, sekarang kalau ngambil uang lewat teller kena charge 10 ribu. Kalau uangnya buat bikin KTM baru, bisa langsung di debet dari buku tabungan, tapi harus minta cap dari Annex dulu.”

DALAM pikiran saya
: “Berarti klo mau ngambil uang, saya harus ngasih dulu 10 ribu, baru bisa diambil. Yah…gabisa dong, kan di dompet udah ga ada uang, mendingan saya ke Annex aja.”

Saya
: “Yaudah deh mba, nanti lagi aja ngambil uangnya.”

ZOOOONNNNGGGG….

Aaaarrggh…kayanya karena lapar deh, saya jadi gabisa berpikir jernih. Maksud si mba kan, berarti ntar tabungan saya dikurangi 10 ribu. Bukan saya harus bayar 10 ribu baru bisa ngambil uang…

Aduuuh…alhasil,siang itu jam 2, saya kelaperan. Ga ada uang buat makan. Untungnya saya diajak temen ke nyawang. Ngutang deh sama yang ada di sana..

6 thoughts on “Think Clearly !

  1. Wah, gan saking laparna meureun nepi ka nyokot duit ka bank sagala.. kan bisa nginjem ka baturan heula. Mun urg jadi mnh urang langsung balik gan, aya nu masak di imah..

    Like

  2. \”Aduuuh…alhasil,siang itu jam 2, saya kelaperan. Ga ada uang buat makan. Untungnya saya diajak temen ke nyawang. Ngutang deh sama yang ada di sana.. \”Oh ternyata poi, haduuh.. suganteh saha.. wkwkw..

    Like

Leave a Reply to Ghani Cancel reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s